Perjuangan dan Restu Ibu

Januari 2019 aku udah masuk ke semester 6. Ga terasa kuliah udah mau kelar, ya aku mahasiswa diploma Teknik Elektro di Universitas Gadjah Mada. Mereka bilang masuk UGM susah ? Gampang kok, tinggal masuk aja ambil karcis kalian udh masuk UGM. Hahaha. No No.. ya ya aku tahu apa yang kalian maksud dengan kata "Masuk UGM". Banyak cerita gimana aku bisa masuk di UGM. Ga gampang juga aku bs jadi bagian civitas UGM. Oke aku mulai aja cerita nya ya..

Jadi aku dulu seorang siswi yang bisa dikatakan bandel saat SMP sampai SMA, tapi bandelku bandel berkelas. ceilah bandel berkelas tuh kek apa ya? Bandel berkelas disini aku ga lupa dari tanggung jawabku sebagai siswi di SMP dan SMA. Tugas, ujian dan lainnya aku tetep kerjain dan kumpulin. Ektrakulikulerpun aku ikutin. Lalu bandelnya dimana ? Bandelku sering langgar aturan sekolah, contohnya aku berangkat sering telat, jam pelajaran sering keluar kelas, atribut ga lengkap, debat sama guru. Tapi dari situlah aku dikenal sama penghuni sekolah. eits, penghuni disini maksudnya dari yang bersihin sekolah, satpam sekolah (friend bgt kalo ini), yang rapihin parkiran, sampe kepala sekolah juga kenal aku. Bak artis banget ya ? Ya jejak SMA ku lumayan bikin sekolah bangga si hahaha. Ya udah dibilang kok, bandel berkelas ya gini. Singkat cerita nih, kalo aku cerita zaman SMA ga ada abisnya ntar. Pas aku kelas 3 SMA, beuh pusing kan ya mau kuliah dimana jurusan apa. Secara Indonesia banyak Universitas di universitas banyak jurusan. Oke aku konsultasi sama guru BK ku, tapi malah tidak menemukan solusi. Akhirnya aku memutuskan buat ambil Teknik Industri di UI jalur SNMPTN. Songong banget kan aku tuh. Dan aku cuma ngisi 1 doang di SNMPTN. Sebelum milih aku udh minta pendapat ortu dulu nih. Mereka bilang iya iya aja ya udh kan aku gas pol aja apalagi ada kompor dari abangku yang alumni UI juga makin gas lah. Ehh pas tiba saatnya pengumuman, tau rasa lah.. ZONK.  Modar lah. Tapi apa aku nangis di tolak UI ? engga lah. aku senyumin aja, nangis ga guna juga, sok strong aku si hahaha. oke masih ada jalur paralel UI. aku daftar juga tuh. tapi kali ini aku ambil psikologi. ehh pas pengumuman ZONK  lagi. Diketawain dah sama abang ku. Ga boleh putus asa, masih ada jalur SBM kan ya, aku daftarin tuh jalur. Aku oleng, pilih jurusan soshum semua deh. Karena aku udh males bgt sama itung-itungan. Aku daftar Sastra Inggris  di Udayana (Bali), Hubungan Internasional (UNS), Sastra Inggris (Unsoed) dan semua itu MENOLAK ku, Sedih ga si udah nyoba dimana-mana ditolak semua. Lebih galau ketimbang diselingkuhin pacar *ehh

Akhirnya nih ya, aku nyoba nanya lah sama emak sebenernya aku direstuinnya dimana si. ehh si emak ternyata ngrestuinnya di Jogja aja kamu kuliahnya. Baladah, ngapain yang kemarin-kemarin di iya iya in aja. Pala udah pusing baru jujur. Akhirnya nurut lah sama emak, aku daftar di UGM D3 Teknik Elektro pilihan 1, D3 Elektronika dan Instrumentasi di pilihan 2. Awalnya mau ambil Teknik Mesin tapi kata si abang ga variasi amat kita samaan, bedain lah begitu.. ya udah aku ambil di Teknik Elektro. Mungkin dari kalian kenapa ga soshum aja ? Namanya nurut emak, suruh kembali ke asal peradaban eh, ya udah ambil saintek lagi. Padahal fisika matematika ku ga ahli-ahli banget. Nekad sudah lah. Tiba lah saatnya aku tes. Aku tes ga tau ruanganya sblh mana kek apa ga tau gaes. Aku ga ada survey sebelumnya. Bener-bener nyari di pagi harinya. Untung aja berangkat naik taksi jadi cm bilang buat anterin di Fakultas Ilmu Budaya UGM. Sampe sana aku cengo lah, aku tes di ruang Margono 304 dengan no kursi 234. beuuh masih inget ya 2,5 tahun yg lalu. Inget lah, perjuangan kok, Aku masuk FIB nanya sana sini ga ada yang tau dimana tuh ruang, pada akhirnya aku nanya deh ke dosen. Beliau malah ngajak bareng aja, karena dia di lantai atasnya. Akhirnya aku 1 lift lah sama dosen-dosen itu karena emang udah mepet banget buat ke waktu masuk ruangan. Dalam hatiku "apa aku akan jd mahasiswi UGM ya, diawal aja udah bareng dosen gini" cm dalem ati aja si. 1 lift sm sm 4 dosen gimana rasanya lah, ya rada sungkan si tp ya ajak ngobrol aja dikit-dikit. Setelah keluar lift gils semua pegang buku pada belajar gitu. Lah aku ? Ga bawa buku sama sekali. Kek udah rada pesimis si, tp ya ga boleh putus asa. Masuk ruangan sampe selese ngerjain nih bibir doa mulu dah. Udah lelah ditolak mulu masalahnya, ya berharap lolos si. Kelar ujian, aku balik nih. Cerita lah sama emak kan ya, soal nya a b c la la la gini gitu. Si Emak cm bilang suruh berserah aja sama Allah ya, usaha udah tinggal kuatin di doa. Insya allah yg terbaik. Oke lah adem nih ati, cm pasrah aja, Sore nya aku balik lah ke rumah, beberapa hari kemudia aku kena cacar gaes,.. gimana ga makin pusing padahal masih ada UM di UNSOED. Skip cerita langsung tiba saatnya buka website UGM dah, lagi puncak-puncaknya cacar badan ga karuan dihari itu tepatnya tanggal 21 Juli 2016 pengumuman UM UGM. Aku buka pengumuman jam 9 malem padahal pengumuman jam 8. udah pasrah aja tuh. itu aja disuruh-suruh sama di emak. Dengan hati yang kuat badan yg remek ku buka lah tuh pengumuman. taraaaaaaa... "Selamat, Saudara/i lolos secara akademik pada Program Studi D3 TEKNOLOGI LISTRIK" loh ? teknologi ? ya sekarang udh berubah nama jd teknologi gaes. hohoho. Seketika rasa sakit cacarku yang lagi senut-senut awalnya ilang bener-bener ilang. Aku langsung ngomong emak "Alhamdulillah anakmu dua-duanya UGM loh" si emak langsung alhamdulillah, usaha dan doa kita didengar. 
Disitulah aku langsung berpikir coba aja dari dulu aku nurut apa kata orang tua, ga repot-repot nyari univ yang mau nerima aku deh.. tapi disisi lain jadi aku tau kalo buat dapetin apa-apa itu ga bisa instan dan ga boleh lupain Tuhan juga apalagi restu orang tua. Itu penting banget. Rasain aja deh manfaatnya kalo kalian selalu libatkan Allah dan orang tua kalian dalam setiap langkah kalian, Insya Allah enak dirasa tuh.
nih aku lampirin deh hasil pengumuan ku, sapa tau bakal nular hahaha





oke, sekian curcol dari ku ya.. semoga bisa jadi motivasi kalian :)

Comments

Popular posts from this blog